Cara Baru Menikmati Seni di Tengah Perkotaan

EVELYN AIME

Di tengah hiruk-pikuk dari padatnya pergerakan para penduduk di wilayah perkotaan, seringkali kita merasa kesulitan dalam menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak dari segala bentuk aktivitas. Apalagi di era digital ini, ada banyak sekali hiburan dari media sosial yang menawarkan informasi tanpa batas. Karenanya, seni dapat menjadi suatu penghiburan untuk beristirahat sejenak dan media untuk meningkatkan kembali produktivitas otak.

Saat ini ada banyak sekali banyak opsi untuk menikmati seni, baik offline maupun online, yang hadir dalam bentuk pameran, workshop di galeri seni, perkumpulan komunitas seni, kelas seni online, kelas menggambar atau melukis, dan banyak lainnya. Jika kamu ingin mencoba menikmati seni di tengah perkotaan, ini 4 tips yang dapat dicoba.

1. Bergabung dengan Komunitas Seni

Dengan bergabung ke dalam komunitas seni, kamu tidak hanya menambah skill dalam berkreasi saja, melainkan juga menambah wawasan dan memperluas relasi.

Menurut Haidar Ammar, mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), komunitas seni terbuka bagi siapa saja, baik yang memiliki kemampuan dalam berkarya maupun yang masih tergolong awam. Proses belajar dan diskusi akan dilakukan bersama-sama tanpa memandang level kemampuan anggotanya. Selain, komunitas seni dapat menjadi tempat yang mendukung untuk untuk kamu mengembangkan keterampilan seni dan mengeksplorasi jiwa kreatif. Bahkan dapat membuka peluang juga untuk berpartisipasi dalam pameran, festival, serta acara seni lainnya. Hal ini tentunya dapat membuka kesempatan bagi kamu untuk semakin mengembangkan diri dan melatih kemampuan berkarya di bidang seni.

2. Mengikuti Workshop/Kelas yang Diadakan Pelukis

Jika memiliki kesempatan, sebaiknya kamu mengikuti workshop atau kelas yang diadakan oleh seorang pelukis. Hal ini merupakan kesempatan berharga untuk meningkatkan keterampilan serta wawasan seni yang dimiliki. Sebagai pemateri, pelukis pun tentu memiliki wawasan dan teknik yang sesuai dengan materi ajar, sehingga ilmu yang disampaikan lebih kredibel. Pengalaman dari sang pelukis juga dapat membantu kamu menerapkan langsung teknik yang diajarkan. Kelebihan lainnya adalah kamu memiliki kesempatan berinteraksi dan bertanya langsung kepada pelukis selaku pemateri, atau meminta umpan balik terhadap karya yang kau kerjakan. Mengikuti workshop atau kelas bukan hanya meningkatkan keterampilan saja, melainkan juga bisa menjadi ajang berinteraksi dengan sesama peserta dan menambah pengalaman kolaboratif yang positif.

3. Mengunjungi Galeri Seni Lokal

Menurut Walid Syarthowi selaku Dosen Seni Rupa Murni di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), salah satu cara terbaik untuk menikmati seni adalah dengan langsung datang ke galeri seni lokal. Selain membangun kembali nilai apresiasi terhadap seni, mengunjungi galeri seni dapat membantu kamu terlibat langsung dalam budaya lokal, terutama dalam mengeksplorasi karya seniman setempat. 2Madison Gallery, sebuah galeri seni di Jakarta, menghadirkan beragam karya seni lokal dari berbagai tema; kontemporer, pop art, abstrak, street art, geometric, dan banyak lainnya. Bukan sekadar galeri seni biasa, 2Madison Gallery juga banyak melibatkan pengunjung dalam workshop, kompetisi, pameran, penggalangan dana, sampai budidaya. Tertarik mengunjungi galeri seni moden ini? Cari tahu lebih lanjut di sini.

4. Bergabung dengan Kelas Melukis di Galeri Seni

Ingin mengeksplorasi sisi kreatif, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Mengikuti art class atau kelas seni di galeri seni bisa menjadi pilihan yang tepat! Saat ini, seni tidak hanya terbatas pada mahasiswa jurusan seni, dosen, peneliti, atau pegiat seni saja. Makna seni sudah semakin meluas dan menjangkau ke segala lapisan masyarakat, tanpa memandang umur. Sekarang, galeri seni seperti 2Madison Gallery sering mengadakan kelas seni yang sifatnya terbuka untuk umum. Dengan bergabung ke kelas seni, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berkarya didampingi oleh para ahli yang akan memberikan panduan, saran, sekaligus bimbingan secara langsung. Selain menjadi wadah menyalurkan hobi, kelas seni dapat menjadi pengisi agenda di waktu luang atau akhir pekan yang lebih bermakna. Siap mencobanya? Gabung di sini!

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.