Mengajarkan Anak Untuk Mengapresiasi Seni Sejak Dini

YOSUA REYDO RESPATI, S.Ds, M.Ds

Mengajarkan Anak Untuk Mengapresiasi Seni Sejak Dini
Seni memainkan peran penting sejak awal peradaban manusia, seni adalah penanda jaman. Tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, seni juga mengandung aspek spiritualitas, teknologi, sosial, dan kultural. Sebagai bahasa yang universal seni memiliki keleluasaan yang tidak tersekat oleh batas usia, gender, tingkat pendidikan, status ekonomi, dan teritori geografis. Ia bersifat netral, milik semua kalangan. Hal ini memperkuat peran seni sebagai media pembelajaran yang inklusif dan menyenangkan.

Dorongan seni merupakan naluri alamiah yang dimiliki semua anak. Sebelum mampu menulis, didahului oleh dorongan untuk menggambar. Sebelum mampu berjalan, anak kecil tertatih seolah menari untuk mencari keseimbangan. Sebelum mampu berbicara ia melantunkan berbagai suara, berupaya menyampaikan emosinya bagaikan penyanyi mengolah nada. Jean Piaget seorang psikolog asal Swiss mendefinisikan tiga kemampuan anak yang berkembang seiring pertumbuhan usia, yaitu: motorik (kemampuan gerak tubuh), sensorik (kemampuan indrawi), dan kognitif (kemamuan berpikir). Pengembangan tiga kemampuan diatas ternyata didominasi oleh stimuli visual -90% informasi yang diserap otak adalah melalui indra pengelihatan-. Ini menjadikan pengalaman melihat menjadi penting bagi tumbuh kembang anak usia dini.

Proses belajar dalam perspektif seni memuat dua unsur utama; apresiasi dan kreasi. Kepekaan dan keterbukaan menjadi prasyarat untuk dapat mengapresiasi, sementara dibutuhkan keberanian untuk dapat berkreasi. Orang tua dan pendidik sebagai teman belajar dan bermain anak memiliki peran penting dalam mengenalkan anak ke berbagai bentuk kesenian; visual, musik, tari, sastra, hingga multimedia-interaktif. Berikut beberapa manfaat mengapresiasi seni bagi anak usia dini:

1. Membantu mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas

Melalui pengalaman menikmati seni anak ditumbuhkan daya imajinasinya. Dalam melihat suatu objek bimbing anak untuk berani menyampaikan pendapatnya, mengemukakan tafsirnya dengan berbagai kemungkinan sekalipun dinilai tidak masuk akal dalam cara pandang orang dewasa. Berikan kesempatan untuk anak berbicara dan didengarkan. Rasa ingin tau (curiosity) merupakan bekal utama bagi anak untuk dapat tumbuh menjadi pribadi yang kritis, keratif, dan inovatif di masa mendatang

2. Membangun rasa percaya diri

Apresiasi dan kreasi seni membantu anak untuk mengembangkan potensi dirinya. Berikan kesempatan bagi anak untuk mengalami berbagai aktifitas seni. Tumbuhkan keberanian anak untuk mencoba, menikmati proses tanpa perlu dinilai benar/salah, bagus/jelek. Berikan kesempatan untuk ia menceritakan pengamatannya, proses, dan hasil karyanya. Umpan balik terbaik yang dapat diberikan adalah apresiasi dan dorongan untuk terus belajar mencoba.

3. Membangun interaksi sosial

Inklusifitas seni memungkinkan anak untuk dapat mengapresiasi dan berkreasi secara individu maupun berkelompok. Tumbuhkan budaya saling menghargai pendapat dan saling mendengarkan. Orang tua dapat menjadi teman bagi anak untuk berdiskusi, berkarya bersama, yang tentunya menguatkan ikatan orang tua dan anak. Anak juga dapat diajak untuk membuat karya bersama dengan saudara atau teman-temannya sebagai bentuk pembelajaran kelompok. Dalam pembelajaran proses kolaborasi selalu lebih penting dari pada kompetisi.

Berbagai manfaat diatas dapat ditumbuhkan mulai dari cara yang sederhana di rumah hingga mengunjungi pameran seni yang semakin mudah ditemui dengan berbagai tema yang variatif. Posisi  museum, galeri dan ruang publik menjadi kian penting sebagai tempat yang menyajikan sarana pembelajaran dan memungkinkan terjadinya interaksi sosial. Keterjangkauan akses dan harga kunjungan yang terjangkau -bahkan beberapa galeri dan museum memberikan akses masuk gratis- serta program edukatif bagi anak-anak menjadikan pilihan ini semakin relevan.

Ayo budayakan mengapresiasi seni sejak dini!

 

 

Referensi:

  1. Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development. (Diakses pada 2024)
  2. https://www.brainline.org/article/vision-our-dominant-sense(Diakses pada 2024)
  3. https://www.shiftelearning.com/blog/bid/350326/studies-confirm-the-power-of-visuals-in-elearning(Diakses pada 2024)
Read more
1x1 TEMU, Pameran Seni Era Normal Baru ala 2madison Gallery

1x1 TEMU, Pameran Seni Era Normal Baru ala 2madison Gallery

Jakarta - Masih ingat perubahan pola hidup di masa PSBB atau PPKM level 4? Hampir semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Bahkan, tak sedikit keluarga yang harus memodifikasi fungsi ruang-ruang di rumah, mulai dari ruang sekolah virtual sampai ruang kerja virtual.

Kondisi ini menimbulkan kebutuhan masyarakat untuk menata ulang ruang-ruang di rumah agar menjadi lebih estetik dan inspiratif. Satu elemen dari tata ruang yang penting adalah karya seni. Pasalnya, karya seni dipercaya bisa meningkatkan kehangatan ruang dan membuatnya menjadi lebih dinamis.

Bukan hanya itu, karya seni bisa menggugah nalar dan memberikan perspektif baru dalam hidup. Kebutuhan masyarakat akan karya seni inilah yang akhirnya membuat 2madison Gallery menghadirkan pameran kolektif untuk meningkatkan kualitas ruang lewat karya seni. 

2madison Gallery

"Inilah alasan utama mengapa 2madison Gallery menghadirkan pameran kolektif 1x1 TEMU. Semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa karya seni memegang peranan esensial dalam kualitas tata ruang," tutur Creative Director dari 2madison Gallery, Maggie Hutauruk-Eddy dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).

"Pilihlah karya yang memang kamu (keluargamu) sukai secara visual, dan yang memberikan energi dan inspirasi yang diinginkan. Make it personal," imbuhnya.

Maggie menyampaikan terdapat 30 seniman yang tergabung dalam pameran ini. Mereka menyajikan beragam karya, baik dari sisi genre, aliran, dan media. Ada juga pilihan karya yang ideal untuk ruang anak, ruang keluarga, sampai ruang kerja.

Tak heran sekalipun 30 seniman pada pameran 1x1 TEMU ini datang dari berbagai daerah dan genre, ternyata ada benang merah yang mengaitkan mereka dan menjadikan pameran kolektif ini menyatu.

Menurut Maggie, sekali pun pameran seni dan budaya memang bisa dilakukan secara virtual, namun ada hal esensial yang tidak bisa akan bisa digantikan oleh layar monitor secanggih apapun.

Salah satunya sensasi menikmati karya dengan dimensi, warna, tekstur, bahkan bau cat yang sesungguhnya, di waktu yang bersamaan. 2madison Gallery yakin pameran tatap muka masih menjadi hal penting, tak hanya bagi para perupa dan kolektor muda, namun bagi masyarakat Indonesia yang kini sudah mulai mengapresiasi dunia seni Indonesia.

"Inilah alasan utama mengapa 2madison Gallery menyediakan ruang pamer karya non- virtual. Di masa sulit seperti saat ini, aktivitas kehidupan berkesenian dan berbudaya sebenarnya sudah menjadi seperti vitamin bagi kesehatan mental kita," pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini semua karya yang dipamerkan pada pameran seni kolektif 1x1 TEMU ini bisa dilihat dan dibeli lewat situs www.2madison.com. Pameran ini masih berlangsung sampai hari Sabtu, 27 November 2021 di 2madison Gallery, Kemang. Adapun 2madison Gallery beroperasi pada hari Jumat - Sabtu pukul 10.00 - 21.00 WIB, dan Minggu - Kamis pukul 10.00 - 17.00 WIB.

Selain karya seni berukuran 1 x 1 meter, pengunjung juga bisa mendapatkan karya seni dalam bentuk kecil (art merchandise) yang juga dipamerkan di 2madison Gallery dan 2madinah Store. Keduanya terletak di komplek ritel Gedung Promenade 20, Jl. Bangka Raya No.20, Kemang - Jakarta 12730.

Baca artikel wolipop, "1x1 TEMU, Pameran Seni Era Normal Baru ala 2madison Gallery" selengkapnya https://wolipop.detik.com/home/d-5817740/1x1-temu-pameran-seni-era-normal-baru-ala-2madison-gallery.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

 

Read more
2madison Gallery kembali Gelar Pemeran Seni Rupa Karya Perupa Indonesia

2madison Gallery kembali Gelar Pemeran Seni Rupa Karya Perupa Indonesia

Meski masih pandemi dan aktivitas masih dibatasi, tidak menyurutkan semangat dan kreativitas dari para perupa. Hal itulah yang membuat 2madison Gallery kembali membagi platform-nya dengan perupa-perupa Indonesia lewat pameran kolektif bertajuk "1x1 TEMU" yang digelar di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, (23 /10).
Di era new normal tidak memupus semangat 2madison Gallery untuk terus berkiprah dan mendukung industri kreatif dengan menghadirkan pameran seni dan desain bersama perupa Indonesia.
Ya, bagi 2madison Gallery, kondisi baru ini justru mendorong kita semua untuk lebih memaknai keterbatasan dan berevolusi dengan cepat. Sebab sama seperti pekerja non-formal di industri lainnya, perupa Indonesia juga mendapatkan pukulan yang sangat telak dari tekanan selama pandemi.
Dalam pameran kolektif terakhir tahun ini, 30 seniman dari berbagai daerah dengan 50 karya telah dikurasi 2madison Gallery. Sekalipun nampaknya jumlah ini tidak terlalu besar, namun pameran kolektif 2madison Gallery ini memecahkan rekor lantaran menghadirkan banyak seniman.
2madison Gallery berharap, adanya pameran ini dapat mengajak banyak masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan untuk ikut membantu ‘menyiram' dan 'memupukʼ ekosistem kreatif Indonesia dengan mengoleksi karya mereka.
Di pameran ini, masyarakat dapat menikmati, memaknai, dan ‘mengadopsiʼ karya-karya yang dilahirkan di era new normal ini secara virtual, atau dengan datang langsung ke 2madison Gallery dengan menerapkan protokol kesehatan dan semua pengunjung wajib sudah vaksin.
Pameran 2madison 1x1 TEMU ini berlangsung dari tanggal 23 Oktober hingga 27 November 2021, di 2madison Gallery yang beralamat di Jalan Bangka Raya No.20 unit AB, Jakarta Selatan. Tidak ada tiket masuk karena pemeran ini gratis untuk siapa saja.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan 2madison Gallery
Read more
Pameran Seni Perdana di Masa Pandemi oleh 2madison Gallery

Pameran Seni Perdana di Masa Pandemi oleh 2madison Gallery

GELIAT perekonomian mulai terasa setelah sekian lama tergempur oleh badai pandemi yang melumpuhkan berbagai aspek kehidupan. Dengan bangkitnya perekonomian bangsa ini, seluruh sendi-sendi kehidupan mulai hidup kembali. Kenormalan baru turut menghidupkan aspek kesenian. Seperti pekerja nonformal di industri lainnya, perupa Indonesia juga mendapat pukulan yang telak dari tekanan pandemi global ini.

2MADISON

Alih-alih kalah dengan keadaan, kondisi baru tersebut justru mendorong para seniman untuk lebih memaknai keterbatasan dan berevolusi dengan sangat cepat. Salah satunya ditandai dengan kembali digelar sebuah pameran bertajuk 1x1 TEMU yang digelar di 2madison Gallery. Pameran seni dan desain tersebut dimeriahkan oleh sejumlah perupa dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebanyak 28 seniman dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Kuningan, Bandung, Surakarta, Jogjakarta, Tulungagung, Surabaya, hingga Bali turut menyemarakkan pameran yang diselenggarakan hingga 27 November 2021. Lebih dari 40 karya telah dikurasi oleh 2madison Gallery untuk ikut serta pada pameran kolektif terakhir tahun ini. Jumlah tersebut menjadi pameran kolektif terbanyak di masa pandemi.

KARYA

"Senang rasanya bisa kembali mengadakan pameran offline seperti saat ini," ujar seorang perupa asal Jogjakarta, Gigih Prayogo. Dengan diadakannya kembali pameran secara offline tersebut, pihak 2madison Gallery dan para seniman yang terlibat berharap masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan dapat menikmati dan 'mengadopsi' karya mereka baik secara virtual maupun

 

Seniman melukisBukan hanya pameran, 2madison Gallery juga memanjakan para pecinta seni di seluruh Indonesia melalui rangkaian acara seperti lomba denim painting, live painting oleh Agustan, Bebe Wahyu, Muhagant, Roy Sinaga, dan Vy Patiah. Ada pula sesi bincang-bincang dengan para perupa yang hadir di sana. Jika kamu tertarik untuk merasakan atmosfer pameran untuk pertama kalinya sejak pandemi muncul, inilah saatnya! 2madison Gallery terletak di Jalan Bangka Raya No 20 unit AB, Jakarta Selatan.(Avia)

https://merahputih.com/post/read/pameran-seni-pertama-di-masa-pandemi-oleh-2madison-gallery 

 

 

 

Read more
Kembali Ramaikan Skena Seni Tanah Air, 2madison Gallery Gelar Pameran 1x1 TEMU

Kembali Ramaikan Skena Seni Tanah Air, 2madison Gallery Gelar Pameran 1x1 TEMU

Grid.ID - Pandemi menyebabkan pukulan telak bagi industri kreatif di Indonesia. Meski demikian, pandemi tidak memupuskan semangat para pelaku kreatif untuk terus berkarya. Justru, kondisi saat ini mendorong para pelaku kreatif terus berinovasi untuk beradaptasi dengan keadaan.

Hal ini terlihat dalam pameran kolektif seni dan desain bertajuk “1X1 TEMU” yang digelar 2madison Gallery, Jl Bangka Raya No.20 unit AB, Kemang, Jakarta Selatan. Pameran tersebut dibuka sejak Sabtu (23/10/2021) dan akan berlangsung selama satu bulan hingga Jumat (27/11/2021).

 

Sebagai informasi, 1x1 TEMU menjadi gelaran pameran terakhir yang diselenggarakan 2madison Gallery tahun ini. Pameran tersebut terbuka untuk umum dan pencinta seni dapat mengunjunginya tanpa perlu membeli tiket. Namun, pengunjung diharuskan menaati protokol kesehatan ketat yang diterapkan selama pameran berlangsung. Selain itu, pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksin pertama dan kedua.

Terdapat 50 karya dari 30 seniman dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Bali, serta daerah lainnya di Indonesia yang dikurasi 2madison Gallery untuk ikut serta pada pameran kolektif tersebut. Menghitung dari jumlah seniman yang ikut serta, 1x1 TEMU menjadi pameran kolektif dengan seniman terbanyak yang digelar 2madison Gallery.

 

Pengunjung dapat menemukan karya seniman asal Jakarta, seperti Astrid Dwi Astuti, FridaMartha, Gracia Veronica, Krishna Kastubi, Muhagant, Darmawan Aji Sambodo/Tragicoo, Nendes Nentias, Ratih Ardianti, dan Vy Patiah.

Seniman asal Yogyakarta yang berpartisipasi adalah Bahaudin, Dona Prawita, Gigih Prayogo/EBHI, Haidar Emen Wening, Horestes Vicha, Rawraw, dan Faelerie.

Kemudian, seniman asal Bandung, Surabaya, dan Bali yang karyanya dipamerkan adalah Citra Kemala, Rakhmi Fitriani, Irene Hoff, Mira El Amir, Kenny Hartanto, dan Zeta Ranniry.

Selain itu, masih ada lagi karya seniman asal daerah lain, seperti Abdurrohman Wahid (Bekasi), BebeWahyu (Bogor), Roy Sinaga (Depok), Ajay Ahdiyat (Kuningan), Chairol Imam (Surakarta), Yawara Oky (Tulungagung), Agustan (Makassar), dan Angga Lowpop (Lampung).

Tidak hanya melihat karya yang dipamerkan, pengunjung juga dapat mengikuti beragam acara menarik selama gelaran. Pada pembukaan pameran, misalnya. Para pengunjung dapat melihat langsung para seniman berkarya dengan melukis pada medium denim.

 

Para pengunjung juga dapat mendengarkan pemaparan seniman mengenai ide hingga konsep karya mereka. Pengunjung juga berkesempatan berdialog langsung dengan para seniman.

Kemudian, di puncak acara pembukaan, karya lukis di atas denim yang dibuat para seniman dipamerkan dalam sebuah fashion show mini. Karya mereka dikenakan oleh model yang berlenggak-lenggok di area pameran.

Melalui pameran 1x1 TEMU, 2madison Gallery berharap agar semakin banyak masyarakat dari berbagai lapisan yang ikut membantu “menyiram dan memupuk” ekosistem kreatif Indonesia dengan mengoleksi karya para seniman.

Pencinta seni yang tidak dapat hadir di 2madison Gallery tetap dapat menikmati, memaknai, dan membeli karya para seniman di 1X1 TEMU sebagai koleksi melalui situs web www.2madison.com

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pameran ini, kunjungi situs web www.2madison.com atau Instagram @2madison_gallery

Read more
30 Seniman Ramaikan Pameran Kolektif Seni & Desain 2madison Gallery

30 Seniman Ramaikan Pameran Kolektif Seni & Desain 2madison Gallery

Jakarta - 2madison Gallery kembali membagi platformnya dengan perupa-perupa Indonesia lewat pameran kolektif yang dinamakan: 1x1 TEMU. Ini merupakan pameran seni dan desain yang berkolabroasi bersama perupa Indonesia.
Pada era new normal kali ini, memang tidak memupus semangat 2madison Gallery untuk terus berkiprah di industri kreatif. Faktanya, kondisi baru ini justru mendorong untuk lebih memaknai keterbatasan dan berevolusi dengan cepat. Seperti pekerja non-formal di industri lainnya, perupa Indonesia mendapatkan pukulan yang sangat telak dari tekanan kondisi global saat ini.

Karenanya, sebanyak 30 seniman dari berbagai daerah dengan 50 karya telah dikurasi 2madison Gallery untuk ikut serta pada pameran kolektif terakhir tahun ini. Sekalipun nampaknya jumlah ini tidak terlalu besar, namun ini adalah pameran kolektif 2madison Gallery dengan jumlah seniman terbanyak.

2madison Gallery berharap agar semakin banyak masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan yang ikut membantu 'menyiram dan memupukʼ ekosistem kreatif Indonesia dengan mengoleksi karya mereka.

Masyarakat dapat menikmati, memaknai dan 'mengadopsiʼ karya-karya yang dilahirkan di era new normal ini secara virtual, atau dengan datang langsung ke 2madison Gallery dengan wajib sudah vaksin dan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun peserta Pameran Seni dan Desain TEMU 1X1 kali ini antara lain Agustan (Makasar) - Abdurrohman Wahid (Bekasi) - Ajay Ahdiyat (Kuningan) - Angga Lowpop (Lampung) - Astried Dwi Astuti (Jakarta) - Bahaudin (Yogyakarta) - Bebe Wahyu (Bogor) - Citra Kemala (Bandung) - Chairol Imam (Surakarta) - Darmawan Aji Sambodo / Tragicoo (Jakarta) - Dona Prawita (Yogyakarta) - Faelerie (Yogyakarta) - Frida Martha (Jakarta) - Gigih Prayogo / EBHI (Yogyakarta)

Ada juga Gracia Veronica (Jakarta) - Haidar Emen Wening (Yogyakarta) - Horestes Vicha (Yogyakarta) - Irene Hoff(Bali) - Kenny Hartanto (Surabaya) - Krishna Kastubi (Jakarta) - Mira El Amir (Bali) - Muhagant (Jakarta) - Nendes Nentias (Jakarta) - Rakhmi Fitriani (Bandung) - Ratih Ardianti (Jakarta) - Rawraw (Yogyakarta) - Roy Sinaga (Depok) - Vy Patiah (Jakarta) - Yawara Oky (Tulungagung) - Zeta Ranniry (Surabaya)

Pameran 2madison1x1 TEMU berlangsung dari tanggal 23 Oktober hingga 27 November 2021, di 2madison Gallery Jl. Bangka Raya No.20 unit AB, Jakarta Selatan. Masuknya juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website www.2madison.com atau di Instagram 2madison_gallery. Bisa juga dengan menghubungi WhatsApp : 0878 1212 1231.

Baca artikel wolipop, "30 Seniman Ramaikan Pameran Kolektif Seni & Desain 2madison Gallery" selengkapnya https://wolipop.detik.com/travel/d-5780145/30-seniman-ramaikan-pameran-kolektif-seni--desain-2madison-gallery.


Read more
2madison Gallery Kembali Warnai Dunia Seni dan Desain Lewat Pameran TEMU 1X1

2madison Gallery Kembali Warnai Dunia Seni dan Desain Lewat Pameran TEMU 1X1

KOMPAS.com – 2madison Gallery siap untuk kembali menggelar pameran seni dan desain bertajuk “1x1 TEMU” pada 23 Oktober hingga 27 November 2021. Melalui pameran tersebut, 2madison Gallery ingin menunjukkan bahwa pandemi tidak memupus semangat para pelaku industri kreatif untuk berkarya. Kondisi ini justru mendorong pelaku industri kreatif untuk memaknai keterbatasan dan berevolusi dengan cepat. Seperti diketahui, pekerja nonformal, termasuk pelaku industri kreatif, turut mendapatkan pukulan telak akibat terdampak pandemi yang terjadi sejak Maret 2020. Mengacu pada kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ruang-ruang kreatif terpaksa harus menghentikan sementara kegiatannya demi memutus mata rantai penyebaran virus. Seiring dengan upaya penanganan yang masif, situasi pandemi pun membaik. Dengan begitu, penerapan PPKM diperlonggar sehingga kegiatan di ruang-ruang kreatif kembali dilakukan. Oleh sebab itu, para penikmat seni kini kembali dapat menikmati dan memaknai sekaligus membeli karya-karya yang dipamerkan pada gelaran 1x1 TEMU secara langsung di 2madison Gallery di Jalan Bangka Raya, Nomor 20, Unit AB, Jakarta Selatan. Meski situasi pandemi sudah membaik, para pengunjung yang hadir harus sudah divaksin dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Pameran 1x1 TEMU dapat disaksikan secara langsung di 2madison Gallery atau online di laman resmi.

Selain secara langsung, karya-karya dalam pameran 2madison 1x1 TEMU juga bisa disaksikan dan dibeli secara online melalui laman resmi 2madison Gallery www.2madison.com.  Sebanyak 40 karya seni dari 30 seniman yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dikurasi dalam pameran itu. Adapun seniman asal kota Jakarta yang berpartisipasi dalam pameran 1x1 TEMU adalah Astried Dwi Astuti, Darmawan Aji Sambodo/Tragicoo, FridaMartha, Gracia Veronica, Krishna Kastubi, Muhagant, Nendes Nentias, Vy Patiah, dan Ratih Ardianti. Kemudian, seniman yang berasal dari kota Yogyakarta, yaitu Bahaudin, Dona Prawita, Gigih Prayogo/EBHI, Haidar Emen Wening, Horestes Vicha, Rawraw, dan Faelerie. Selain itu, pameran 1x1 TEMU juga turut menghadirkan karya seniman dari daerah lain, seperti Abdurrohman Wahid (Bekasi), BebeWahyu (Bogor), Roy Sinaga (Depok), Ajay Ahdiyat (Kuningan), Chairol Imam (Surakarta), Yawara Oky (Tulungagung), Agustan (Makassar), dan Angga Lowpop (Lampung). Selanjutnya, seniman asal Bandung Citra Kemala dan Rakhmi Fitriani, asal Bali Irene Hoff dan Mira El Amir, serta asal Surabaya Kenny Hartanto dan Zeta Ranniry. Untuk diketahui, gelaran 1x1 TEMU merupakan pameran kolektif 2madison Gallery dengan jumlah partisipan terbanyak. Melalui 1x1 TEMU, 2madison Gallery berharap agar semakin banyak masyarakat dari berbagai lapisan yang turut mendukung ekosistem kreatif Indonesia dengan mengoleksi karya mereka. Informasi selengkapnya mengenai 2madison 1x1 TEMU dapat Anda temukan melalui laman www.2madison.com, akun Instagram @2madison_gallery, atau menghubungi nomor WhatsApp 0878 1212 1231.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2madison Gallery Kembali Warnai Dunia Seni dan Desain Lewat Pameran TEMU 1X1", Klik untuk baca: https://biz.kompas.com/read/2021/10/24/121015828/2madison-gallery-kembali-warnai-dunia-seni-dan-desain-lewat-pameran-temu-1x1.






Read more
2MADISON GELAR PAMERAN SENI KOLEKTIF KARYA SENIMAN MUDA INDONESIA

2MADISON GELAR PAMERAN SENI KOLEKTIF KARYA SENIMAN MUDA INDONESIA

2madison Gallery kembali berbagi platform.

2madison Gallery kembali berbagi platform dengan 30 perupa Indonesia untuk berpameran bersama. Bertajuk 2madison One by One (1x1), dalam pameran kolektif ini para seniman yang terlibat memperlihatkan ekspresi terbaru mereka secara leluasa dengan karya berukuran 1x1 meter. Seniman-seniman yang berkolaborasi berasal dari berbagai ranah dan latar belakang, dunia, namun tampil sebagai satu harmoni.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

Pada acara pembukaannya, 5 seniman dipiiih secara khusus untuk melakukan live painting di berbagai medium, di antaranya Patricia Thebez, Bebe Wahyu, Muhagant, Krishna Kastubi, dan Okki Sugiharto yang melukis dengan jaket sebagai mediumnya. Acara ini juga turut dimeriahkan penampilan apik dari Dance Circle Lab yang berkolaborasi dengan Yayasan Kelola.

Dalam kesempatan yang sama, 2madison juga menghadirkan ekspresi terbarunya di ranah fashion dalam wujud koleksi wearable art bertajuk "Blisslosophy” atau “Filosofi Bahagia.” Busana karya Maggie Hutauruk Eddy yang dipamerkan oleh para model tampak penuh warna, memunculkan kesan bahagia sesuai dengan temanya.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

2madison1x1 berlangsung hingga 1 Juni 2018 mendatang di seluruh area 2madison Gallery. Pameran ini semakin menarik karena pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun dan tak perlu melakukan registrasi. Cek di @2madison_gallery untuk informasi lebih lanjut!

 

2madison One by One
2madison Gallery, Promenade 20 Building, Jl. Bangka Raya No 20, Kemang, Jakarta Selatan

More Information:

Email: cs@2madison.com

Phone: (021) 71794306

 

Read more
'Blisslosophy', Kala Fesyen Bertemu Seni

'Blisslosophy', Kala Fesyen Bertemu Seni

BERBICARA soal fesyen tidak akan pernah habis. Setiap harinya selalu ada desain baju terbaru. Perancang busana menciptakan dan mengembangkan desain pakaian berdasarkan inspirasi masing-masing.

Kali ini mereka terinspirasi seni lukis. Kolaborasi seni dan fesyen ini sangat cocok bagi siapa pun yang mau tampil modis tapi tetap unik. Ya, saat fesyen bertemu dengan seni akan menghasilkan desain unik tanpa batas.

Brand 2madison adalah salah satu pelaku pengusung kolaborasi tersebut. Koleksi terbaru mereka, Avenue Apparel by 2madison, terinspirasi seniman Frida Kahlo. Pada proses penciptaannya, 2madison menggandeng seniman muda Bebe Wahyu yang berkecimpung di seni lukis.

Sebanyak 24 koleksi terbaru bertajuk 'Blisslosophy' dipamerkan Kamis (30/4) di 2madison Gallery Art Space, Kemang, Jakarta Selatan. Dari 24 koleksi tampak dress dan top & bottom wanita.

Motif floral dan bangau pada koleksi terbaru 2madison. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

 

Koleksi fesyen 2madison tampak berwarna namun berani. Perpaduan warna saling bertabrakan. Tidak dalam satu warna selaras. Corak bunga dan manusia melengkapi beberapa koleksi.

Perpaduan 'berani' semakin diperlihatkan dengan aksesori bernuansa etnis semisal anting, aksesori kepala dan tas kecil. Busana rancangan Creative Director 2madison, Maggie Hutauruk Eddy memainkan warna-warna cerah seperti kuning, oranye dan pink.

Ada juga koleksi berwarna hitam, namun tetap dikombinasikan dengan warna cerah. Termasuk dengan mengisi motif bunga secara menyeluruh pada busana di beberapa koleksi. Pemilihan warna cerah memang ingin menghidupkan tema 'Blisslosophy' yang mengandung makna filosofi bahagia. "Jadi temukan damainya kamu dan bahagianya kamu," ungkap Maggie.

Menurut Maggie, perpaduan warna bertabrakan sekarang ini tengah dikenal masyarakat Indonesia. Intinya harus berani. Tidak ada peraturan khusus untuk mengikuti keselarasan warna dalam berbusana. Sebab layaknya seni, fesyen sendiri bersifat personal atau pribadi. "Berpikir di luar kebiasaan. Stop mengikuti aturan," tegas Maggie.

Oranye menjadi satu satu warna pilihan. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

 

Koleksi busana terbaru 2 madison berbahan katun Jepang premium organic. Keseluruhan koleksi telah disiapkan selama 7-8 minggu. Menurut Maggie kolaborasi fesyen dengan seni tidak mudah. Ia paham betul karena sebelumnya ia pernah merasakan menjadi seorang seniman.

Read more
Wacana Masker

Wacana Masker

Ada yang menyampaikan kepada kami bahwa masker 2madison yang berkatup hanya melindungi pemakainya, dan tidak melindungi mereka yg berada di sekitarnya. 

 

Jawaban kami simple:   

Masker yang kami produksi adalah masker NON-MEDIS, untuk dikenakan oleh mereka yang SEHAT.
Dan bukankah kita semua  memang harus mengenakan masker? Dan bukankah kita semua diwajibkan untuk terus-menerus mempraktekkan social distancing?

Untuk yang sudah terkonfirmasi sedang memiliki penyakit/kondisi menular, mohon TIDAK mengenakan masker non-medis seperti koleksi masker 2madison. 

Gunakanlah masker medis, dan silahkan menjalankan kewajiban untuk isolasi diri dengan tertib.

2madison TIDAK pernah membuat pernyataan bahwa masker 2madison adalah masker anti virus. 

Namun, kami berani menyatakan bahwa masker 2madison akan sangat membantu memfilter debu, asap kendaraan, asap rokok, dan partikel yang tidak diinginkan. 

Bukankan kita juga ingin memproteksi diri kita dari hal-hal ini juga?

Katup yang digunakan 2madison adalah katup Import dari Negara maju dilapisi condensing sheet yang terbuat dari silicone, dan telah lulus sertifikasi laboratorium.

Katup ini berperan mengurangi akumulasi CO2 yang toksik, yang berasal dari hembusan nafas pemakainya.
Katup ini juga membantu mengeluarkan panas dan kelembapan dari nafas, sehingga masker tetap kering dan bersih.

Material yang digunakan 2madison juga berkualias, dilapisi bahan pelapis yang berkualitas juga agar masker tidak cepat basah oleh air liur/ hembusan nafas pemakainya.

Dan pastinya 2madison tidak henti-hentinya menyempurnakan dan meningkatkan kualitas masker yang dibuatnya: Seperti penggunaan kawat pangkal hidung, strap adjuster, bahan pelapis dari katun premium, proses sterilisasi masker dari tahap pembuatan sampai pengepakan, dst.

Apakah masker ini akan melindungi penggunanya (yang sehat)? Ya. Asal digunakan dengan benar dan sesuai aturan, baik dari cara pemakaian, pelepasan, dan cara pembersihan.

 

Salam sehat,

Direksi PT Madison Mahacipta.

 

PS:

ROKOK, yang jelas-jelas berbahaya bagi penghisapnya DAN yang berada di sekitarnya (second-hand smoker), tetap saja dipasarkan dengan begitu GEMILANG. 

Padahal jelas dapat berujung ke kematian. Inilah realita kita.

Read more
Blisslosophy, Fashion Preview dan Pameran Kolektif “1x1” yang Memanjakan Pencinta Seni

Blisslosophy, Fashion Preview dan Pameran Kolektif “1x1” yang Memanjakan Pencinta Seni

2madison Gallery kembali berbagi platform dengan lebih dari 30 perupa Indonesia untuk berpameran bersama di bulan Mei 2018 ini. Bertempat di bilangan Kemang, Jakarta, telah diperlihatkan koleksi fashion “Blisslosophy” (atau filosofi bahagia) karya dari Maggie H. Eddy selaku Creative Director 2madison.
Read more
Peleburan Fashion dan Seni Lukis dalam "Filosofi Bahagia"

Peleburan Fashion dan Seni Lukis dalam "Filosofi Bahagia"

Para seniman yang berasal dari berbagai latar belakang dan karakter ini menggunakan seni untuk bercerita, mulai dari pikiran, intuisi, masa lalu, keglisahan, kebahagiaan dan fantasinya.
Read more
19 results